Permainan Kokology 2

Buku Kokology 2

Kokology (Kokology 2, Nagao) berasal dari dua kata yaitu:
1) kokoro (Jepang) yang berarti pikiran, semangat, dan perasaan
2) logia (Yunani) yang berarti ilmu.
Kokologi diartikan sebagai seri permainan psikologi baru untuk menyingkap emosi dan sifat tingkah laku seseorang atau respon situasional (Kokology 2, Nagao).

Dalam bukunya Kokology 2, Nagao menjelaskan tentang Kokology dan cara bermainnya serta tips memainkan setiap permainannya.

Dari setiap permainan (ada 53 permainan dalam buku ini) ada penjelasannya untuk masing2 permainan.
Permainan ini mencoba untuk menguak karakter atau perilaku seseorang (pembaca) dalam menghadapai sesuatu. Walaupun tidak 100% tepat untuk menggambarkan karakter tentunya, sebagaimana yang saya alami dalam membaca buku ini😀 . Dari permainan-permainan yang saya lalui dalam buku ini (belum semua permainan dalam buku ini saya lalui), tidak semua penjelasan yang terkandung dalam buku ini tepat dengan karakter dan perilaku saya🙂 .

Sebagai bacaan pengisi waktu luang dan hiburan buku ini cocok untuk dicoba, dan mainkanlah apa adanya, jangan berusaha mengira2 jawaban atau malah membaca penjelasannya terlebih dahulu😀 . Santai dan cobalah mainkan sesuai petunjuk.

Saya akan berikan satu contoh permainan dan penjelasannya dalam buku tersebut.

Judul : KAPAN SEBUAH PINTU BUKAN SEBUAH PINTU ?

Tidak setiap hari Anda sempat meluangkan waktu berjalan-jalan santai di lingkungan sekitar: berjalan-jalan tanpa maksud dan tujuan, merentangkan kaki, membiarkan pikiran mengembara, dan berkenalan kembali dengan beberapa pemandangan indah. Di tengah perjalanan, mungkin Anda akan mampir ke keda kopi, menjelajahi jalan-jalan di taman, atau menyempatkan diri melihat-lihat keadaan sekitar. Ada saatnya Anda membiarkan kaki menentukan tujuan …

Bayangkan diri Anda sedang berjalan-jalan menyusuri kota. Hari itu sangat indah.Anda sedang berangan-angan. Anda berbelok ke arah jalan yang tidak pernah dilewati sebelumnya. Selagi berjalan, Anda melewati rumah yang indah di seberang jalan. Anda berhenti sejenak untuk mengagumi rumah yang indah itu dan memperhatikan pintunya terbuka setengah. Mengapa pintu itu sedikit terbuka?

1. Rumah itu dirampok
2. Pemiliknya lupa mengunci
3. Pemiliknya berada di dalam, sedang menyapu pintu masuk.

Pilihlah jawaban Anda dari tiga hal di atas yang paling cocok dalam pikiran Anda (jika tidak ada yang cocok, maka pilihlah yang terbersit dalam pikiran Anda, jika tidak ada, pilihlah yang terdetik dalam hati Anda, jika tidak ada juga maka pilih yang paling mendekati atau yang paling mungkin menurut Anda, pokoknya harus milih 1 dari 3 hal diatas😀 ).

Selamat bermain, dan temukan diri Anda yang tersembunyi di sana.🙂

16 Responses to Permainan Kokology 2

  1. supriman says:

    Penjelasan permainan di atas:

    Pintu memilki 2 hal penting menjadi jalan masuk atau justru menjadi penghalang. Pintu depan rumah mewakili pertahanan awal. Pintu depan rumah berdiri diantara penghuni dan ketidakpastian dunia luar. Dengan membayangkannya sebagai pintu terbuka yang seharusnya tertutup, Anda sedang memimpikan skenario “mudah diserang” dan disingkap. Dalam alam bawah sadar, alasan mengapa membayangkan pintu terbuka berhubungan dengan cara membuka diri dan menyingkapkan kelemahan Anda terhadap orang lain.

    1. Rumah itu dirampok.
    Anda cepat mengambil anggapan terburuk dalam setiap situasi. Sifat ini terlihat sebagai bukti yang jelas ketika ternyata benar-benar terjadi sesuatu. Anda tidak pernah bingung dalam mengadapi saat-saat genting, tapi hanya terlalu sibuk karena panik. Jadi lain kali jika bencana datang, miliki pikiran jernih. Ingatlah selalu untuk terlebih dahulu mengambil napas panjang dan menghitung sampai 10. Baru Anda boleh pingsan😀 .

    2. Pemiliknya lupa mengunci
    Anda bukan tipe orang yang terhanyut dalam situasi genting. Sebaliknya Anda sangat santai, bahkan tidak memperhatikan situasi genting muncul. Kesalahan yang Anda buat lebih banyak disebabkan kelalaian, bukannya maksud yang buruk. Tapi hasilnya bagi Anda (dan orang lain) adalah sama.

    3. Pemiliknya berada di dalam, sedang menyap pintu masuk
    Anda mungkin nampak seperti orang yang santai. Tap tidak pernah membiarkan diri lengah. Memiliki kesiagaan konstan seperti itulah yang membuat diri Anda menjadi dewasa seperti sekarang. Tentu saja Anda masih memiliki kelemahan yang bersifat manusiawi, hanya saja jangan memerlihatkannya kepada seluruh dunia.

  2. Penikmat_Sejati says:

    Hmmm… Menarik2😀
    Ada yang lain gak?

  3. ariez says:

    sepertinya kokology membuat saya mulai tertarik.

    mungkin saya akan membeli buku kokology.

    perlu dan pantas dicoba/dibaca

  4. lydia says:

    heheh ak cari kokology 2 di gramedia kompas blm ada yha
    hmmm..
    yg no 1 da ad..T.T

  5. supriman says:

    @lydia:
    Udah nyoba di Gunung Agung ? saya dulu beli di Gunung agung banyak kok😀

  6. GJC-Yuko says:

    kokology,,,,
    permainan y bagus,,,

    mungkin Q mo koleksi buku-na,,,
    ato sekedar nyari az di internet,,,,
    ^^

  7. chonz says:

    asik banget,,,ngena banget gitu lo,,w punya yang atu,,,sayang yg volume 2 lum sempet bli,,,hehe

  8. Amezz says:

    seru juga kokology untuk edisi yang aku baca…….
    quw sering dengar kokology tapi kebanyakan menceritakan tentang karakter pasangan kita……..

    tapi kali ini berbeda……….

    lain kali cari ide yang lebih menarik lage yaw

    (^_^)

  9. shafira_kudo says:

    boleh2. Ada yang lain gk???

  10. supriman says:

    @Shafira_kudo:
    Ditunggu aja yakss ^_^

  11. ahabasgar says:

    menarik juga ya kokology, hmm googling ah siapa tahu nemu banyak atau tiba-tiba ketemu e-booknya he he he
    thanks

  12. dika says:

    dmn ya bisa dapetin buku itu, dulu aku pernah pnya yang seri 1 & 2 tapi ilang dipinjem temen… pingin punya lg… gmn y?, ada soft file nya gak ya?

  13. supriman says:

    @dika:
    Di Toko Buku Gunung Agung Kwitang-jakarta ada deh🙂

  14. fadhli says:

    buku ini bagus apa dah ada kokology 3 nya. klu udah dimana bisa dapetinnya

  15. ada yang punya versi pdf ga?? ato kalo ada yang tau nyari bukunya dimana yah?? berapaan.? digramed ada ga??

  16. syelfi says:

    mantap bt cari2 info dr

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: