Berkenalan dengan SAP/ABAP (2)

October 2, 2009

Melanjutkan serial perkenalan dengan bahasa pemrograman SAP/ABAP (selanjutnya disebut ABAP saja), yang telah lama tertunda 😀 . Nama juga perkenalan jadi masih yang basic2 pisan yakss hehehe…. Kali ini saya akan mengajak untuk memulai masuk ke ABAP Workbench sebagai IDE tuk memprogram dengan ABAP. Setelah masuk ke sistem SAP, ketikan SE80 pada SAP Command (kiri atas) dan tekan [Enter].
Sebagai ilustrasi saya sertakan aja deh gambarnya biar ga bingung 😀 : Read the rest of this entry »


charMap: Konversi Karakter dan Kode ASCII

September 4, 2009

Berikut saya tampilkan program untuk mencari kode ASCII dari sebuah karakter komputer, serta sebaliknya untuk mencari karakter tertentu dari suatu kode ASCII. Sebuah tool yang kecil (24 KB .exe) dan simpel (portable gak pake install 😀 ) yang pernah saya buat pada saat kuliah dulu.
Waktu itu saya memerlukannya sebagai alat bantu dalam menyusun skripsi mengenai simulasi jaringan 😀 .

Baru di-publish sekarang, kalik aja ada yang membutuhkan, daripada bikin dari awal ya kaan. Hehehe…
Read the rest of this entry »


Daftar Istilah

January 23, 2008

Access Point: Node pusat dalam jaringan wireless yang berfungsi sebagai pengatur komunikasi node-node lain yang terhubung dengannya sebagai client.

Branch Metric: Jarak Hamming (Hamming Distance) kode yang diterima dengan kemungkinan kode yang seharusnya. Read the rest of this entry »