Beberapa Cara Download Table SAP

Ada berbagai alasan kita memerlukan isi dari sebuah tabel kedalam text file atau spreadsheet. Untuk keperluan ini, maka kita mendownload isi table tersebut kedalam komputer kita. Ada beberapa cara untuk mendownload isi sebuah table di SAP ke komputer kita dalam format text. Berikut beberapa cara yang saya ketahui, dari cara yang termudah (gak pake bikin program, sampai menggunakan proses backgroud job):

1. Menggunakan T-Code SE16 atau SE16N

Jalankan T-Code SE16 dan masukan nama table yang hendak kita download isinya ke text file. Field “Maximum No. of Hits” untuk membatasi jumlah record yang hendak didownload (kosongkan bila hendak menampilkan semua isi table), dan field “Width of Output List” untuk membatasi lebar coloumn dr table yang didownload. Kita bisa membatasi record2 yang akan di download berdasarkan kriteria tertentu, memilih kolom mana saja yang akan didownload dengan memilih menu Setting->Format List->Choose fields.

Setelah masuk ke tampilan isi table klik menu System -> List -> Save -> Local file pada Menu Bar, pilih unconverted dan tentukan tempat menyimpan file text di lokal komputer kita.
Keunggulan metode ini: Mudah, bisa disimpan ke beberapa format file seperti excel & word (dalam format XML). Kelemahan metode ini: Hasilnya tidak bersih(masih ada pembatas dan header2 yang tidak perlu), belum mendukung tabstrip (agak merepotkan jika hendak diexport ke format lain atau di upload ke system database lain), lambat dan sering Time Out untuk jumlah record yang sangat besar dan kolom yang panjang .


2. Menggunakan T-Code SQVI

SQVI sebenarnya untuk menjalankan query dari relasi antar table, tapi bisa juga dimanfaatkan untuk mendowload isi dari table di SAP. Lebih jauh, program ini bisa digunakan untuk mendownload isi dua table dengan field2 tertentu dan yang memiliki relasa tertentu pula.

Langkah pertama, buat Quickview baru misal DWESSR (kita akan mendownload isi table ESSR, isikan seperti pada gambar, pilih basis mode). Isikan field Table/View sesuai dengan table yang akan kita download. Kemudian pilih semua kolom (atau kolom2 yang akan kita download saja) yang ada di sebelah kanan ke sebelah kiri (lihat gambar).

Berikut gambar2 yang menjelaskan tahapan-tahapan mendownload isi table menggunakan SQVI:

Setelah OK dan execute, isikan field maximum 999999 (agar semua field terdownload).

Kelebihan SQVI, bisa memilih kolom-kolom mana saja yang akan kita download isinya. Bisa digunakan untuk mendownlaod dari beberapa table yang saling berkaitan, sebagaimana disebutkan di atas.
Kelemahan: Output text file belum bisa dicostumize sesuai keinginan kita, kurang User Friendly .

3. Menggunakan Function Module ‘DOWNLOAD’, ‘WS_DOWNLOAD’ , ‘GUI_DOWNLOAD’

4. Menggunakan Open Data Set (bisa Background Job)

5. Cara tambahan, dengan meng-export data ke sytem/database eksternal menggunakan DBCON.
Sebenarnya ini bukan berfungsi untuk mendownload langsung tapi mengirimkan data dari table SAP ke DB eksternal kemudian dr DB eksternal tersebut dieksport ke local file/file text (ribet, tp yang pentingkan tujuan tercapai :D).
Methode 3, 4, dan 5 memerlukan sedikit coding untuk interfacenya (Detailnya akan saya jelaskan dalam artikel terpisah). Karena menggunakan coding, sehingga format & hasil outputnya pun bisa kita atur sesuai dengan permintaan🙂 .

Semoga bermanfaat. Ada pertanyaan? 🙂

4 Responses to Beberapa Cara Download Table SAP

  1. eko says:

    Dear,

    knapa Tcode SQVI saya tidak jalan..proses terus..tidak tampil2 quick viewernya….apa yg harus saya lakukan

    • supriman says:

      Stacknya disaat proses ap? Ketika create, layout atau pas eksekusi? Kemungkinan load Server lg tinggi, atau content table sangat compleks jadi lama… Dicoba lg aj.. klo masi ada masalah cb hubungi BASISnya… Biar bisa disetting Background Job aja.

      Supri Adi

      SAP/ABAP Consultant

      https://supriman.wordpress.com/

      • Damas says:

        Mas kalau download table content lewat background job bagaimana caranya ya?

      • supriman says:

        Bisa menggunakan Open Dataset – Close Dataset, sebelumnya kita reserve dulu suatu directory di SAP Server untuk menyimpan sementara file2 hasil downloadan kita. Setelah proses download (BG job) selesai tinggal kita pindahkan/copy file dari server tersebut ke komputer local/PC kita. Bisa menggunakan T-Code SXDA. Atau bisa bikin pake program dengan logic open dataset – close dataset tsb. Selamat mencoba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: