Segala Puji Bagi ALLAH Yang Telah Mengganti Dirhamku Dengan Dinar

Berikut ini adalah kisah seorang Hajjaj bin Yusuf, Amir Irak yang kejam di masa Kekhalifahan Abdul Malik bin Marwan dari Bani Umayyah, dengan (mantan) isterinya, Ummu Salamah.

Pada suatu malam terjadi cekcok mulut antara Hajjaj dengan istrinya Ummu Salamah binti Abdurrahman bin Sahl bin Amr Al Quraisy (saudara Suhail bin Amr). Akhirnya percekcokan itu berakhir dengan keputusan Hajjaj untuk menthalak istrinya.

Ummu Salamah berkata, “Wahai Abu Muhammad, mudah-mudahan Allah memberiku ganti yang lebih baik.”
Hajjaj bin Yusuf berkata, “Siapa yang lebih baik dari amir (penguasa) Irak ini?”

Perlu diketahui, Ummu Salamah adalah perempuan yang sangat cantik. Oleh karena itu, ketika Amirul Mukminin Abdul Malik bin Marwan mengetahui bahwa dirinya telah dicerai oleh Hajjaj dan masa iddahnya telah selesai, beliau mengirim utusan untuk melamar Ummu Salamah.

Ummu Salamah berkata, “‘Sunggguh aku mau, tetapi ada syaratnya.”
Utusan Abdul Malik tersebut bertanya, “Apa syaratnya?”
Ummu Salamah binti Abdurrahman menjawab, “Pada hari perkawinanku nanti aku minta yang menjadi kusir kereta kudaku adalah Hajjaj”.
Ketika hal itu disampaikan kepada Amirul Mukminin Abdul Malik bin Marwan, dia tertawa dan berkata, “Itu hak dia (Ummu Salamah).”

Tibalah hari perkawinan itu dan Ummu Salamah menaiki sebuah kereta kuda yang dikendarai oleh amir Irak, yaitu Abu Muhammad (Hajjaj bin Yusuf, mantan suaminya). Di tengah jalan Ummu Salamah sengaja melempar sebuah uang dirham ke tanah, lalu dia menyuruh Hajjaj bin Yusuf untuk berhenti. Kemudian berkata, “Uang dirhamku jatuh ke tanah.”

Hajjaj pun segera turun dan mulai mencari uang dirham tersebut, tetapi dia tidak berhasil menemukannya, maka diam-diam dia merogoh kantongnya sendiri kemudian mengeluarkan sebuah uang dinar dari kantong tersebut, lalu berkata, “Ternyata uangmu yang terjatuh tadi bukan dirham (uang perak) akan tetapi uang dinar (uang emas).”
Ummu Salamah pun menatap ke arah Hajjaj lalu memandangnya dengan pandangan penuh kemenangan. kemudian berkata, “Segala puji bagi Allah yang telah mengganti uang dirhamku dengan uang dinar.”

Semoga bermanfaat🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: