Sekelumit Cerita tentang ERP dan SAP

ERP, Enterprise Resource Planning, adalah sistem informasi yang diperuntukkan bagi perusahan manufaktur maupun jasa yang berperan mengintegrasikan dan mengotomasikan proses bisnis yang berhubungan dengan aspek operasi, produksi maupun distribusi di perusahaan bersangkutan. Konsep ERP sendiri baru dikenalkan pada tahun 1980an, yang merupakan pengembangan dari konsep MRP II (Manufacturing Resource Planning). Sedangkan MRP II sediri merupakan evolusi dari Material Requirement Planning (MRP) yang berkembang sebelumnya. Sistem ERP secara modular biasanya mengangani proses manufaktur, logistik, distribusi, persediaan (inventory), pengapalan (shipping), invoice dan akunting perusahaan. Ini berarti bahwa sistem ini nanti akan membantu mengontrol aktivitas bisnis seperti penjualan, pengiriman, produksi, manajemen persediaan, manajemen kualitas dan sumber daya manusia.

SAP AG adalah perusahaan pembuat software yang mengakomodasi kebutuhan (requirement) yang diinginkan dalam ERP. Salah satu software ERP dari SAP AG yang banyak digunakan adalah SAP R/3. SAP AG merupakan perusahaan software ERP terkemuka di dunia saat ini. Perusahaan Software yang berasal dari negeri Jerman ini pertama kali didirikan tahun 1972 oleh 5 orang mantan karyawan IBM. Visi mereka adalah membangun software aplikasi standard untuk mengakomodasi proses bisnis secara real time. SAP sendiri merupakan akronim dari System Analysis and Program Development. Software akuntansi finansial pertama diselesaikan pada tahun 1973 yang bernama RF System, yang kemudian bernama R/1 System dan merupakan awal dari R/3 yang ada sekarang. Dibawah ini screen view menu utama SAP R/3 versi 6.0 atau ECC 6.0 .

Seiring berjalannya waktu, software ini terus berkembang dan melahirkan berbagai varian baru software ERP seperti SAP R/3, mySAP ERP, mySAP All in One, dan SAP Business one. Penggunaannya disesuaikan dengan proses bisnis yang dijalankan oleh perusahaan yang akan mengimplementasikannya. Ada pula varian2 yang merupakan add-on untuk software-software utama SAP seperti SAP CRM (Customer Relationship Management), SAP HCM (Human Capital Management), SCM (Supply Chain Management), dan SAP BW (Bussiness Warehouse) .

Di dalam SAP terdapat berbagai modul yang terintegrasi satu sama lain. Modul-modul tersebut digunakan bersama ‘core’ SAP dan bisa dikustomisasi maupun ditambahkan sesuai dengan kebutuhan perusahaan yang akan mengimplementasikan SAP. Modul-modul yang bisa dipilih untuk implementasi antara lain: Material Management(MM), Sales and Distribution (SD), FI-CO (Financial and Controlling), Plant Maitenance (PM), dan Production Planning (PP). Dan ada juga modul SAP khusus untuk perusahaan Telekomunikasi, yaitu RMCA.

Saat ini telah banyak perusahaan manufaktur di dunia yang telah menggunakan SAP sebagai software bisnis mereka. Sebut saja perusahaan mobil mewah Mercedes-Benz, BMW, Audi, dan perusahaan manufaktur lain seperti Siemens dan Nokia pun menggunakan SAP sebagai software bisnis mereka. Di Indonesia beberapa perusahaan yang telah mengimplementasi SAP sebut saja: PT Astra, Nestle Indonesia, UltraJaya, Bank Mandiri, PT Telkom, Pertamina, PT Trias Sentosa, PT BMI (di empat perusahaan terakhir, saya terlibat dalam implementasi SAP sebagai Abap Consultant😀 ) .

Itulah sekelumit “cerita” tentang ERP dan SAP. Barangkalai rekan2 memiliki info tambahan dan atau ada informasi saya yang salah silahkan konfirm . 🙂
Semoga bermanfaat.

Referensi:
http://id.wikipedia.org/wiki/Enterprise_Resource_Planning/
SAP01 – SAP Overview. 2004. SAP AG

11 Responses to Sekelumit Cerita tentang ERP dan SAP

  1. aria says:

    waduh mampir neeh mas supriman (kayak superman, yang penting bukan supirman ya mas ya ^_^), kalo biar bisa ERP-SAP kayak mas harus pegimane mas ??

  2. supriman says:

    @aria:
    wooo selamat datang mas aria ^_^ …. Banyak jalan tuk bs ERP-SAP. Klo saya tulis di komen ini takut kepanjangan😀 . Ntar deh kutuliskan cara2 belajar SAP + beberapa tutorial programming di SAP menggunakan bahasa “khas” SAP: ABAP.
    Mudah2an aja lancar😉

  3. pemula_ERP says:

    Ok Pak kita tunggu kelanjutan cerita + tutoriale… Janji lho ya😉

  4. barow_new says:

    wah mas saya mau tny ni,kebetulan tempat saya kerja sedang mendevelop SAP BPC. ternyata susah juga,enaknya saya mulai belajar darimana untuk lebih mudah memahami????tq

  5. ecca_cweatz says:

    mas kalau SAP yang untuk persediaan barangnya bentuk tampilan awal sampai akhirnya gimana ya??? truz spesifikasi file nya gimana??? (kbanyakan nanya ya??) hohoho😀

  6. asri26 says:

    wah…..keren banget mas tutorialnya….sungguh cerdas….

  7. Si Ganteng says:

    @ecca_cweatz:
    Kalo tampilan (GUI) nya hampir sama aja… hanya fungsionalotanya bergantung modul yang Anda pilih.. Spek file apanya neeh?

    @asri26:
    Dooohh…. hiperbolisnyee :p

  8. ricky says:

    Mau donk Mas tutorial SAP + ABAPnya. Tapi untuk ukuran pemula ya Mas. Maklum masih cupu banget…. Thanks banget ya Mas Superman…

    Supriman is not Superman😀

  9. Dwi-san says:

    Dear Su-preman,

    sebagai orang teknik, saya kurang memahami masalah ini. tapi saya ingin paling nggak mengerti proses mengenai SAR, ERP, MRP, dll karena setiap perusahaan yang saya singgahi mengaplikasikan ini semau..

    tengkyu,

  10. Lara says:

    Dear Supriman,

    saya sedang membuat studi kelayakan pada sebuah perusahaan retail, yang saya ingin tanyakan megenai SAP yang berhubungan dengan MM.
    waktu implementasinya perlu berapa lama?
    konsultannya diperlukan berapa orang?
    biayanya berapa?
    truz apa aja yang harus dilakukan didalam methodology ASAP dan berapa hari?
    cara perhitungannya seperti apa?

    Maap klo kebanyakan tanya…hehe
    Thx b4..^^

  11. supriman says:

    @Lara:
    Tergantung Busines Logicnya, dan requirement dr perusahaan yg bersangkutan. Kalo ia memakai yg standard2 aja (sesuai dg SAP) ya cepet.. 1 konsultan 1 bln jg dah beres🙂

    Kekny perlu pembahasan lbh lanjut… Ntar deh klo ad waktu sy bahas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: