Tempat Duduk Terdepan… Nggak Lagi Deh…

Nah seperti biasa, Jum’at pukul 5 sore adalah saatnya ‘boleh’ pulang meninggalkan kantor, walau masih ada beberapa konsultan dan pegawai yang masih sibuk di kantor. Jum’at tanggal 11-01-2008 saya keluar kantor jam 5 lewat 10, dan memutuskan untuk pulang ke Cirebon tanpa pesan tiket kereta beberapa hari sebelumnya. Belinya langsung aja. Kalo keabisan tiket ya udah lah gak pulang minggu ini He3x. Dari kantor saya langsung menuju ke st Gambir yang memang gak begitu jauh.

Sesampainya di st Gambir, rupanya saya salah masuk loket. Karena biasa memesan tiket, saya masuk ke loket pemesanan tiket bukan loket pembelian langsung. Setelah isi form pemesanan tiket, baru saya teringat. Waduuh… Dasarnya saya gak mau malu n pantang tuk keliatan salah di depan orang2πŸ˜€, akhirnya saya tanya tuh mba2 penjaga loket, “Mba klo mo mesen tiket Cirebon-Jakarta disini bisa gak ya?”, He3x sebuah pertanyaan yang seharusnya gak perlu ditanyakan oleh orang yang sering beperian dengan kereta.. Trus tu formulir saya ganti tujuannya dengan Cirebon-Gambir pada hari minggu tgl 13 (Bisanya saya beli tiket tuk balik ke Jakarta langsung pada hari minggunya di st Cirebon)…

Setelah itu saya ke loket pembelian langsung. Alhamdulillah belum banyak yang ngantri, dan saya dapet tiket di Gerbong 1 Eksekutif No. 13C. Mmm.. 13C, nomor yang sama dengan tiket yang kupesan untuk perjalanan Cirebon-Jakarta tgl 13 nanti. Sampai disini semua berjalan dengan lancar…. carrrr….

Setelah menunggu sekitar 20menit, kereta Cirebon Ekspres (Cireks) pun telah siap di jalur 4 st Gambir. Saya pun langsung masuk dan mencari gerbong dan nomor sesuai dengan yang di tiket. Satu hal yang agak menjengkelkan pada kereta api penumpang bisnis/eksekutif yaitu tidak ada petunjuk tentang nomor kereta/gerbong pada kereta baik diluar maupun di dalam, sehingga kita perlu bertanya2 terlebih dahulu “apakah ini gerbong sekian ?” atau “Gerbong sekian sebelah mana ya?” untuk mendapatkan kereta/gerbong yang sesuai dengan tiket😦 . Saya pikir ini hanya terjadi di kereta Cireks aja, ternyata gak. Saya inget waktu naik kereta Argo Muria jurusan Tawang pun sama gak ada nomor gerbongnya. Ya, sudahlah…. Tinggal nanya aaja kok repot, mungkin begitu pikir pengelola KAI.

OK lah pak. Saya pun masuk dan akhirnya menemukan tempat duduk saya. Tapi saya agak kecewa juga karena nomor 13C itu TEMPAT DUDUK TERDEPAN, yang merupakan tempat duduk paling tidak nyaman menurutku dengan beberapa alasan: (1) karena di depan, maka otomatis yang di depan kita adalah tembok gerbong dan TIDAK ada sandaran kaki seperti tempat duduk di belakang yang ada sandaran kaki yang terpasang di tempat duduk di depannya. (2) SEMPITYNYA JARAK antara kursi dengan tembok gerbong tsb, sehingga kita TIDAK bisa meluruskan kaki. Duh sesuatu yang menyiksa menurutku pada perjalanan jauh kita gak bisa meluruskan kaki 😦

Rupanya kekecewaan tersebut sedikit terobati, ternyata kursi sebelah saya kosong (ketika kereta berhenti di st jatinegara tuk menaikkan penumpang, saya sempet berharap biar kusi sebelah saya kosong he3x)… Dan cihuuuyyy…. saya bisa menyelonjorkan kaki saya ke samping, empuk lagi. Serasa cuek bgt waktu membuka sepatu dan kaos kaki yang ‘berbau harum’πŸ˜€. Kursi kosong disebelah benar2 saya manfaatkan dengan baik dan ‘bijaksana’πŸ™‚. Tapi lain kali, pada saat pembelian tiket saya akan pesan tempat duduk yang bukan paling depan (untuk Cireks dan Argo Muria adalah no 13 untuk yang berangkat dari Gambir, dan nomor 1 bila berangkat dari Cirebon/Tawang). Kalo gak bisa/abis mendingan naek yang bisnis aja deh…. Tempat duduk terdepan..? Gak lagi deeehh.. Pliiisssss…

2 Responses to Tempat Duduk Terdepan… Nggak Lagi Deh…

  1. goz says:

    walah enak yo cup .. kerjo nang jakarta bisa sering pulang heheheπŸ˜€

  2. supriman says:

    “walah enak yo cup .. kerjo nang jakarta bisa sering pulang hehehe “

    klo keseringan pulang jg bisa tekor Goz .. :))

Leave a Reply

