Abstrak::Forward Error Correction

SUPRIADI. Analisis Kinerja Forward Error Correction Menggunakan Algoritma Viterbi pada Jaringan Wireless Standard IEEE 802.11. Dibimbing oleh Heru Sukoco dan Fahren Bukhari.

Forward Error Correction (FEC) merupakan salah satu metode dalam meningkatkan reliabilitas data dalam telekomunikasi data dengan mengoreksi kesalahan bit-bit selama transmisi. Secara garis besar, jenis algoritma FEC dibagi menjadi dua, yaitu: Block Codes dan Convolutional Codes. Algoritma Viterbi adalah salah satu jenis Convolutional Codes. Prinsip kerja algoritma Viterbi adalah dengan mengukur jarak Hamming antara bit-bit yang diterima receiver dengan pola yang dibentuk oleh decoder. Jarak Hamming terkecil dipilih sebagai bit-bit keluaran pada decoder yang mengimplementasikan algoritma Viterbi.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja algoritma Viterbi pada jaringan wireless standard IEEE 802.11. Penelitian ini dilaksanakan dengan melakukan simulasi transmisi wireless menggunakan Network Simulator NS2.27 dengan konfigurasi jaringan secara ad-hoc dengan besar Eb/No yang berbeda-beda dan dimasukkan proses konvolusi dan dekonvolusi (menggunakan dekoder Viterbi). Pengukuran kinerja dihitung dari perbandingan hasil simulasi antara menggunakan konvolusi dan tanpa konvolusi dengan menghitung total bit error dan bit terkoreksi, Bit Error Rate (BER), throughput, dan delay. Hasil pengukuran BER dibandingkan dengan perhitungan secara teoritis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa, selain mampu meningkatkan reliabilitas data dengan mengoreksi lebih dari 94% bit error, throughput jaringan rata-rata yang mengimplementasikan FEC lebih besar dibandingkan tanpa FEC. Besarnya bit error selama transmisi sangat dipengaruhi besarnya Eb/No. Semakin besar Eb/No akan semakin kecil bit error yang terjadi, baik yang mengimplementasikan FEC maupun tidak. Salah satu kelemahan FEC adalah peningkatan delay yang disebabkan proses encoding dan decoding, serta meningkatnya ukuran data yang ditransmisikan.

Kata kunci: Forward Error Correction, Block Codes, Convolutional Codes, algoritma Viterbi, Eb/No, Bit Error Rate, throughput, delay.

13 Responses to Abstrak::Forward Error Correction

  1. bayu says:

    boleh gak minta contoh skripsi ini

    Terima kasih

  2. supriman says:

    Boleh… Japri aja ya ke sjannissary@yahoo.com, dengan menyantumkan nama, NRP/NIM, Jurusan, dan Perguruan Tinggi Anda jika Anda masih mahasiswa… Kalau bukan mahasiswa cantumkan nama dan nomor yg bisa dihubungi..
    Terima kasih

  3. chici says:

    mas..sy boleh minta skripsi yg ini ga?
    thx b4.

  4. rizal says:

    boleh minta bahan tentang algoritma viterbi ?

    thx

  5. erzy says:

    mau nanya ni mas…
    klo virtebi ini bs diterapkan di komunikasi via gelombang frekwensi HF ga yah

    terimakasih atas jawabannya

  6. asbi says:

    hi supriman bisa saya minta contoh skripsi ini sebagai referensi, saya berencana untuk menerapkan teknologi Forward Error Correction di jarigan IPTV…. jika berkenan tolong dikirim ke email kartuntun.tun@gmail.com , terima kasih sebelumnya

  7. jen says:

    mas boleh minta softcopy nya?langsung saya japri ya…thx

  8. bobby says:

    mas boleh minta skripsi tentang viterbi gx mas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: